Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stasiun Tawang Semarang

Stasiun Tawang Semarang

Alamattempat.com - Stasiun Tawang Semarang yang struktur kata aslinya Stasiun Semarang Tawang (SMT) adalah sebuah stasiun tipe A dengan kelas dan kapasitas besar di Semarang Utara.

Alamat Stasiun Tawang Semarang menurut data yang valid berlokasi di Jl. Taman Tawang No.1, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50211.

Informasi yang sangat penting ternyata nama "Tawang" dari stasiun Tawang adalah nama sebuah kampung terdekat dengan stasiun. Di dekat Stasiun Tawang.

Mungkin pada umumnya orang dinegara kita menyebut sesuatu obyek tempat yang belum bernama atau tidak diketahui namanya pasti diikuti nama daerah terdekat, misalnya stasiun di tawang, jadinya Stasiun Tawang.

Posisi stasiun Tawang Semarang berada di dekat pusat kota, tentu saja semua akses jalur transportasi di Semarang akan diatur sedemikian rupa sehingga mudah diakses dari jantung kota.

Sejarah Singkat Stasiun Tawang Semarang


Cerita bermulai pada tahun 1911 NIS (Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij) yaitu sebuah perusahaan kereta api hindia-belanda, merancang jalur kereta baru Semarang-Solo-Jogja menggantikan fungsi Stasiun Semarang NIS.

Dengan selesainya rancangan jalur kereta api baru tersebut, mulailah dibangun Stasiun kereta baru yang masih berada didaerah desa Tawang. Era pembangunan stasiun Tawang berkisar antara 29 April 1911- sampai diresmikan 1 Juni 1914.

Pembangunan masa itu, luas stasiun belum seperti sekarang. Desa tawang masih ada karena ukuran stasiun yang tidak terlalu besar dibandingkan Stasiun Tawang Semarang saat ini.

Alam ternyata memang tidak bisa diprediksi. Ketinggian stasiun Tawang Semarang ternyata justru menurun hingga 0M sama dengan permukaan laut, mungkin karena beban dari stasiun tersebut.

Karena kondisi itulah dibangun polder tawang yang berfungsi untuk menyedot air Rob kemudian membuangnya kembali ke laut. Stasiun Poncol.

Nuansa Stasiun Tawang Semarang


Stasiun Tawang Semarang sudah mengalami renovasi berkali-kali, meskipun demikian karakter desain stasiun masa lalu masih dipertahankan sampai saat ini.

Banyak sekali nama kereta api di Stasiun tawang, kerennya hampir semua nama kereta api menggunakan nunsa kerajaan kuno di Indonesia.

Nama kereta api yang ada seperti Argo Sindoro, Argo Muria,A rgo Bromo, Ciremai Ekspres, Bangunkarta, Sembrani, Gumarang, Menoreh, Majapahit, Harina, Kertajaya, Brantas, Matarmaja, Ambarawa Eskpres, Maharani, Kamandaka, Kalijaga, dan Kedungsepur.