Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hemat Energi agar Hemat Keuangan

Tips Hemat Energi agar Hemat Keuangan

Alamattempat.com - Hemat energi dan hemat keuangan seperi dua sisi mata koin, keduanya tidak bisa dipisahkan karena dengan hemat energi dalam bentuk apapun sudah pasti akan menghemat keuangan.

Banyak sekali jenis energi yang kita gunakan setiap hari, mulai dari pencahayaan, memasak, berkendara bahkan mencuci pun juga menggunakan energi.

Membeli atau memanfaatkan suatu energi tentu ada nilai yang dibayarkan, iya kan ? Maksudnya kita harus membeli, mengeluarkan uang untuk menggunakannya.

Begitulah intinya, dengan hemat energi yang selalu kita gunakan maka akan lebih hemat keuangan yang kita gunakan untuk membelinya. Cara mengatur keuangan gaji kecil.

Tips Hemat Energi agar Hemat Keuangan


1. Biasakan Mematikan Lampu Saat Tidak Dibutuhkan

Pertama, hal yang mudah tapi tidak selalu dilakukan oleh banyak orang. Matikan lampu ketika tidak dibutuhkan, jadi biasakan keluar ruangan dengan mematikan lampu.

Ketika tidurpun biasakan untuk tidak menggunakan lampu sepanjang malam. Kalaupun untuk lampu penerangan didepan rumah, matikan sepagi mungkin. Pemborosan menemani langkah milenial.

Bangun pagi sekitar pukul 04.00 langsung matikan lampu akan sangat baik. Meskipun sudah mengadopsi lampu hemat energi, tapi kalau dihidupkan sepanjang malam tentunya boros juga.

Naiknya tarif dasar listrik harus di imbangi dengan hemat daya yang sangat teliti, kalau tidak tagihan akan membengkak dan butuh banyak uang untuk membayar.

2. Jangan Gunakan Mesin Cuci untuk Sedikit Pakaian Kotor

Tips hemat daya berikutnya gunakan mesin cuci hanya untuk banyak pakaian kotor. Kalau masih sedikit yang cuci manual saja atau nunggu banyak dulu.

3. Berhenti Mandi Air Panas Setiap Pagi

Jangan biasakan mandi dengan air panas setiap pagi hari. Memanaskan air dengan pemanas atau memasaknya jelas butuh banyak gas yang digunakan, apalagi setiap pagi.

Harga gas sekarang yang tabung 15KG sudah diatas 150.000 rupiah dan akan terus naik. Pastinya akan boros keuangan untuk beli gas kan ?

Berlatih mandi pagi dengan air dingin, gunakan gas untuk kebutuhan memasak makanan saja. Lagipula mandi air dingi lebih sehat.

4. Kurangi Jalan Jalan dan Nongkrong

Pergi jalan jalan dan ketempat nongkrong hampir tidak mungkin ditempuh dengan berjalan kaki. Intinya butuh bahan bakar untuk kemana mana.

Harga bbm juga semakin tinggi, kalau bisa mengurangi penggunaan bbm jelas akan lebih mengirit pengeluaran di akomodasi. Cara agar keuangan aman ditanggal tua.

Untuk berangkat kerja kalau jarak rumah ke kantormu tidak ada 10KM mending beli sepeda saja. Berangkat kerja dengan sepeda lebih bebas macet dan lebih sehat.

5. Perhatikan Penggunaan Air

Bicara kondisi di kota besar yang jarang sekali menggunakan air sumur untuk kebutuhan harian, salah satu yang bisa diandalkan tentu air dari Perusahaan pengolahan air atau sumur bor untuk tiap kompleks perumahan.

Secara teknis tagihan air bekerja sesuai meteran dengan sistem seperti kipas yang akan berputar ketika ada air mengalir. Masalahnya kalau kondisi air sedang sedikit dan yang keluar dari keran beserta udara, pergerakan meteran akan sama.

Jadi pastikan pantau terus penggunaan air dan kapasitas yang keluar dari keran. Kalau posisi air sedikit jangan paksakan membuka keran terus menerus karena tagihan air yang dibayarkan pasti lebih besar.

Tips Hemat Energi yang Baik


Disetiap sisi kehidupan tidak mungkin kita terlepas dari penggunaan energi. Yang bisa kita lakukan hanyalah berhemat dalam pemakaian energi sehingga diharapkan pengeluaran dari pembelian bentuk energi tersebut seperti listrik, gas, air dan bbm juga lebih hemat.